Header Ads

SIMULASI DHCP SERVER, DNS SERVER DAN WEB SERVER

CONFIGURASI DHCP SERVER

1. Buat topologi seperti gambar di bawah ini atau bebas sesuka kalian,yang penting ada server dan client.





2. Setting IP address komputer server dengan cara klik icon komputer server > Desktop > IP Configuration, atur alamat IP address seperti pada gambar berikut ini menggunakan settingan IP statis.





3. Lakukan konfigurasi DHCP server dengan cara klik icon komputer server > Services > DHCP, lalu lakukan konfigurasi IP seperti gambar berikut ini (pastikan settingan DHCP server dalam kondisi On).
“Keterangan:
  • ·         Default Gateway, masukkan alamat IP : 192.168.100.1 (biar mudah diingat)
  • ·         DNS Server : 0.0.0.0 (dikosongkan saja)
  • ·         Start IP Address : karena 192.168.100.2 sudah digunakan oleh server, maka IP address yang didapat oleh client dimulai dari 192.168.100.3 - 192.168.100.6 (sesuai dengan jumlah alamat IP valid untuk subnet mask 255.255.255.248 yaitu 6 host)
  • ·         Subnet Mask : 255.255.255.248 (block size : 8, host valid: 6)






4. . Klik masing-masing icon komputer client > Desktop > IP Configuration > pilih DHCP, pastikan muncul keterangan "DHCP request successful". Berikut hasil permintaan IP address dari komputer client.
IP address pada PC/Komputer client yang request IP address terlebih dahulu akan mendapatkan IP address terkecil, begitu seterusnya.




CONFIGURASI WEB SERVER

1. Setelah membuat configurasi DHCP server selanjutnya kita membuat configurasi web server.Setting IP address komputer server dengan cara klik icon komputer server > Desktop > IP Configuration, atur alamat IP address seperti pada gambar berikut ini menggunakan settingan IP statis.



2. Lakukan konfigurasi http server dengan cara klik icon komputer server > Services > HTTP, lalu pastikan settingan HTTP server dalam kondisi ON. 





DNS SERVER 

1. Setelah membuat configurasi DHCP dan WEB server selanjutnya kita membuat configurasi DNS server.Setting IP address komputer server dengan cara klik icon komputer server > Desktop > IP Configuration, atur alamat IP address seperti pada gambar berikut ini menggunakan settingan IP statis.




2. Lakukan konfigurasi DNS server dengan cara klik icon komputer server > Services > DNS, lalu lakukan konfigurasi IP seperti gambar berikut ini (pastikan settingan DNS server dalam kondisi On).


3. Setelah melakukan configurasi DNS server kita cek apakah web server yang kita buat tadi sudah bisa diakses atau belum.Jika sukses maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.